My Profile

Foto saya
Jakarta Pusat, DKI JAKARTA, Indonesia

Rabu, 18 April 2012

Profesi-profesi di Bidang IT (Part 2)

12. Programmer Analyst

Programmer Analyst, hanya menulis, memodifikasi dan me-review software komputer. Programmer Analyst bertanggung jawab untukmenginterprestasi coding pekerjaan Software Engineer dan menjalankannya dengan sebuah komputer, mengujinya, meng-encoding,mendokumentasikan, dan men-debug program.


13. Project Manager

Memastikan bahwa instalasi sistem yang terdiri dari hardware computer dan jaringan bersama dengan software sistem dan aplikasi membuat keutuhan sinergis yang memungkinkan bisnis untuk mendapatkan manfaat dari keuntungan yang dijanjikan tersebut. Seringkali terdiri dari tim departemen user, wakil perusahaan departemen IT, komputer dan vendor jaringan, software OS dan vendor database dan vendor aplikasi, IT Project Manager membawa semua sumber daya yang diperlukan bersama-sama untuk komisi sistem baru dalam waktu singkat dan dengan biaya minimalbagi perusahaan.

14. Software Engineer
Sedang dalam permintaan yang besar dalam berbagai sektor industri IT.Software Engineer bertanggung jawab untuk pengembangan software baru dan meningkatkan kemampuan software yang sudah ada. Lebih banyak peluang terbuka untuk Software Engineer dan Software Developer dalam industri lain karena mereka membuka diri terhadap meningkatnya penggunaan komputer dalam melaksanakan tugas-tugas penting. Saat ini,Software Engineer dapat ditemukan dalam produksi dan sektor jasa

15. IT Manager

Bertugas mengawasi semua staff di departemen IT, serta memberikan bimbingan, arahan dan pelatihan kepada karyawan junior terutama pada berbagai tugas yang mungkin sulit mereka lakukan. IT manager juga menerapkan sistem keamanan IT dalam organisasi untuk memastikan keamanan data dan sistem IT, mengawasi organisasi sistem WAN,mengawasi pengelolaan dan pemeliharaan stasiun kerja komputer,mengawasi pelatihan staff untuk memastikan mereka mampu menggunakan software dan hardware komputer secara kompeten,memberikan dukungan dalam mengatasi masalah-masalah komputer,mengawasi penyimpanan yang tepat dari semua data perusahaan dan pengarsipan record dan back up, serta menyediakan dukungan teknis kepada karyawan ahli komputer lain dalam organisasi.

IT Manager berinteraksi dengan klien setiap hari untuk dapat melihat dan memahami masalah IT mereka dan memberikan solusi yang kompeten untuk masalah tersebut. IT manager memastikan sistem berjalan lancar dan efisien dari semua sistem IT dalam organisasi, menjaga informasi karyawan pada perubahan berbagai teknologi yang sedang berlangsung dalam organisasi,berkomunikasi dengan manajemen puncak dalam hal isu-isu terkait IT,serta mengidentifikasi sistem komputer baru dan trend di pasar sehingga status organisasi IT selalu berada pada barisan terdepan. IT manager mengorganisasi dan memimpin rapat tim, menjaga timya termotivasi dan membantu mereka untuk memenuhi tujuan perusahaan, memastikan bahwa persyaratan perizinan standar lokal terpenuhi dan dipenuhi, dan hadir dengan anggaran untuk departemen dan mengimplementasikannya.

16. Data Analyst

Memeriksa, membersihkan, mengubah, dan pemodelalan dengan tujuan penyorotan agar dapat berupa informasi, menunjukkan kesimpulan,dan mendukung pengambilan keputusan. Analisis data memiliki beberapa aspek dan pendekatan, meliputi teknik yang beragam di bawah berbagainama, di bisnis yang berbeda, ilmu pengetahuan, dan domain ilmu sosial. Tugasnya adalah mengolah data dan memberikan hasil analisa terhadap olahan data tersebut. Orang yang termasuk di bidang ini seperti data analis untuk revenue assurance, data analis untuk fraud investigator. Keahlian yang dibutuhkan adalah kemampuan menggunakan toolspengolahan data

17. IT Art / Designer

Pekerjaan yang terkait dengan bidang ini adalah web designer, image designer, dan animator (2D/3D). Disini sangat dibutuhkan orang-orangyang memiliki jiwa seni yang tinggi, karena memang pekerjaan ini akan mengutamakan dari sisi art. Meskipun seseorang bisa menggunakan tools seperti Adobe Photoshop, Macromedia Dreamworks, 3D animation tool dan lain-lain, namun tidak akan ada gunanya jika mereka tidak memiliki jiwaseni.



18. Hacker

What?
Orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer danperangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya , terutama keamanan.

Who?
Orang-orang ini merupakan pakar internet, memahami dunia komputasi.Hacker bukanlah orang-orang yang ada dibarisan terdepan dalam perang internet guna memperoleh akses ilegal ke komputer tanpa alasan yang kuat. Seorang hacker hanya akan mengambil alih sistem jika hal tersebut membutuhkan proses pemikiran yang rumit, sesuatu yang menantang, dan yang akan memberikan informasi atau membantu mereka mengklarifikasi informasi tentang bagaimana hal tersebut dilakukan. Para hacker selalu haus ilmu pengetahuan, mempelajari lebih dalam, menyukai dan selalu ingin memperoleh lebih rinci mengenai subyek tertentu.

Where and When?
• Terminologi hacker muncul pada awal tahun 1960-an diantara para anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT).

• Kemudian pada tahun 1983, analogi hacker semakin berkembang untuk seseorang yang memiliki obsesi untuk memahami dan menguasai sistem komputer. Pasalnya, pada tahun tersebut untuk pertama kalinya FBI menangkap kelompok kriminal komputer The 414s yang berbasis diMilwaukee AS.

• Kemudian pada tahun 1995 keluarlah film berjudul Hackers dan The Net. Dengan keluarnya dua film tersebut, maka eksistensi terminologi hacker semakin jauh dari awalnya.

How?
Eric Raymond, penyusun “The New Hacker’s Dictionary (MIT Press 1994),menuliskan ciri-ciri hacker sebagai berikut :
•Gemar mempelajari detail sistem computer atau bahasa pemrograman.

•Gemar melakukan praktek pemrograman daripada hanya menteorikannya.

•Mampu menghargai hasil haking orang lain.

•Mempelajari pemrograman dengan cepat.

•Mahir dalam system operasi/bahasa pemrograman tertentu(Unix).

19. Programmer

What?
Programer adalah orang yang menulis kode program untuk suatu aplikasi tertentu berdasarkan rancangan yang dibuat oleh system analis (lebih memahami teknologi computer).

Who?
Untuk menjadi seorang programer dibutuhkan keahlian dalam mengolah data dan kemampuan menggunakan bahasa pemrograman untuk mengaplikasikannya sesuai dengan program yang dibutuhkan. Programer banyak dibutuhkan karena semakin lama semakin banyak pekerjaan yang membutuhkan program-program untuk memudahkan tugas mereka.

Where?
Programer dapat bekerja di mana saja yang membutuhkan pemakaian atau perawatan suatu program. Jadi pada dasarnya segala jenis usaha yang menggunakan teknologi membutuhkan programer.

When?
Freelancer programer dapat bekerja kapanpun dia mau, sementara programer yang bekerja pada perusahaan harus bekerja sesuai dengan tenggat waktu, umumnya pekerjaan programmer tidak selalu rutin

Why?
Programer dibutuhkan untuk membuat program, karena dewasa ini sebagian besar perusahaan dan alat-alat yang kita gunakan setiap harimemerlukan instruksi-instruksi yang harus di buat dan diinstalkan agardapat digunakan.

How?
a. Tanggungjawab pemrogram terbatas pada pembuatan program komputer.

b. Pengetahuan programer cukup terbatas pada teknologi komputer, system komputer, utilitas dan bahasa-bahasa program yang diperlukan.

c. Pekerjaan programer sifatnya teknis dan harus tepat dalam pembuatan instruksi-instruksi program.

d. Pekerjaan programer tidak menyangkut hubungan dengan banyak orang,terbatas pada sesama pemrogram dan analis sistem yang mempersiapkan rancang bangun (spesifikasi) program.

20. Game Developer

What?
Game developer merupakan sebuah kelompok yang bertugas sebagai pengembang game yang sudah ada atau pembuat game.

Who?
Pada suatu team, pasti memiliki bagian-bagian atau divisi yang diisi oleh orang yang memiliki keahlian khusus di bidangnya. Di antaranya :

–Team Leader
Bagian ini biasanya hanya diisi oleh satu orang saja dimana orang tersebut memiliki tugas yang paling penting dimana orang tersebut bertugas untuk memimpin team dalam pembuatan game agar tetap kompak dan sesuai dengan konsep yang sudahdirencanakan sebelumnya.

–Game Designer
Seperti kita ketahui dari arti nama divisinya, orang-orang yang bekerja di divisi ini bertugas untuk mendesign suatu game,termasuk didalamnya seperti menentukan alur, tipe, dan tampilan yang game itu seperti apa. Biasanya mereka mendesign game tersebut secara berkelompok.

–Producer
Orang-orang yang bekerja pada divisi ini mempunyai tugas untuk mengarahkan bentuk dari game menjadi seperti apa yang diinginkan sebelumnya sesuai dengan hasil yang sudah disetujui oleh pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan game tersebut.

–Programmer
Divisi ini diisi oleh orang-orang super yang pandai dalam membuat suatu source code yang memiliki fungsi yang sangat penting dalam suatu pembuatan game. Pada bagian inilah sang“game maker” akan bekerja secara kompak untuk membuats ebuah game yang diinginkan.

–Artist
Orang yang berkerja pada divisi ini memiliki tugas untuk membuat sebuah tampilan atau bentuk dari suatu character yang nantinya akan digunakan pada game yang akan dibuat.

–Composer (Music Editor)
Orang yang bekerja pada divisi ini memiliki tugas untukmenyisipkan suatu sound effect yang nantinya akan membuatsuatu suasana dari game itu menjadi lebih real, karena denganpenggunaan dan penempatan suara yang pas dapat membuatgame menjadi jauh lebih menarik.

–Script And Text Editor
Pada divisi ini, team akan memiliki tugas untuk membuat suatu skenario dari game yang diinginkan. Skrip-skrip tersebut nantinya akan dibaca oleh sang game artist untuk dijadikan gambaran dasar pembuatan suatu karakteryang cocok dengan skrip yangtelah dibuat.

–Cinematic
Pada divisi ini, orang-orang pada bidang cinematic ini akan membuat game yang lebih menarik dalam segi alur, tampilan,maupun konsep-konsep lainnya agar lebih nyaman ketikadimainkan.

Where?
Game developer biasanya bekerja pada perusahaan game, namun tak jarang terdapat tim game developer yang bekerja secara independen lalu menjual gamenya ke perusahaan.

Why?
Semakin majunya teknologi menyebabkan perkembangan game yang sangat pesat, untuk itu dibutuhkan banyaknya ide-ide kreatif baru yangdapat menarik pelanggan.

How?
Untuk menjadi seorang game developer, anda harus benar-benar mencintai game. Bukan hanya bermain game, tetapi juga mengerti tentang game.Anda harus mencintai seluruh konsep dalam pembuatan game,memecahnya menjadi bagian terkecil dan memvisualisasikan bagaimana bagian-bagian itu dapat digabungkan menjadi suatu kesatuan yang utuh

21. Operator
Menangani operasi sistem komputer Tugas-tugas, antara lain :
a.Menghidupkan dan mematikan mesin

b.Melakukan pemeliharaan sistem komputer

c.Memasukkan data Tugas biasanya bersifat reguler dan baku

22. Teknisi Komputer
Memiliki kemampuan yang spesifik, baik dalam bidang hardware maupun software Mampu menangani problem-problem yang bersifat spesifik


SUMBER: http://www.scribd.com/aj_prameswari/d/83445088-Profesi-IT-Edited

Tidak ada komentar:

Posting Komentar