My Profile

Foto saya
Jakarta Pusat, DKI JAKARTA, Indonesia

Senin, 20 Desember 2010

Karakteristik negara berkembang

1. TINGKAT KEMAKMURAN RELATIF RENDAH.
Banyak faktor yang memepengaruhi taraf kemakmuran masyarakat. Misalnya keadaan perumahan yang mereka diami, ada tidaknya aliran listrik, fasilitas untuk memperoleh air bersih, keadaan infrastruktur pada umumnya, dan tingkat pendapatan yang diperoleh, merupakan beberapa faktor penting yang sangat mempengaruhi tingkat kemakmuran suatu masyarakat. Dari beberapa faktor yang ada, salah satu faktor yang terpenting adalah pendapatan yang diperoleh masyarakatnya. Dengan demikian, pendapatan per kapita dapat digunakan sebagai alat pengukur kasar taraf kemakmuran yang dicapai penduduk. Sebagai akibat dari pendapatan yang rendah, sehingga Negara berkembang menghadapi masalah cukup besar diantaranya dibidang :
• Masalah kekurangan gizi dan taraf kesehatan yang rendah. Ini antara lain dapat dilihat dari jumlah kalori makanan yang belum mencapai tahap minimum, life expectancy yang rendah, tingkat kematian per tahun dan tingkat kematian bayi yang cukup tinggi.
• Kemiskinan masih meluas. Bagian yang cukup besar dari penduduk yang pendapatannya tidak mencukupi untuk membiayai kebutuhan minimum sehari-hari.
• Taraf pendidikan masih rendah. Sebagai akibat dari tingkat pendapatan yang rendah, cukup banyak keluarga di Negara berkembang yang tidak dapat membiayai sekolah anak-anaknya.
2. PRODUKTIVITAS PEKERJA MASIH RENDAH.
Produktivitas yang dimaksud adalah tingkat produksi yang dapat dihasilkan seorang pekerja per tahun. Tingkat produktivitas seorang pekerja di Negara berkembang masih cukup rendah dibandingkan dengan tingkat produktivitas tenaga kerja di Negara maju. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor sbb :
• Sebagian besar penduduk di Negara berkembang berada di sektor pertanian tradisional yang sering menghadapi masalah pengangguran terselubung. Keberadaan pengangguran terselubung, berarti kelebihan tenaga kerja di sektor pertanian, akan menurunkan lagi produksi rata-rata (produktivitas) pekerja.
• Kebanyakan usaha di sektor manufaktur terdiri dari usaha keluarga, yang menggunakan mesin yang masih tradisional dan bersifat padat karya..
• Sektor jasa, seperti sektor pertanian, menghadapi masalah pengangguran terselubung dan menurunkan tingkat produktivitas.
• Di berbagai sektor ekonomi, taraf pendidikan dan kesehatan pekerja belum mencapai tahap yang diinginkan dan cenderung mengurangi tingkat produktivitas.
3. TINGKAT PERTAMBAHAN PENDUDUK CUKUP TINGGI.
Dalam bidang kesehatan dan pengobatan sangat mempengaruhi taraf kesehatan penduduk. Salah satu akibat dari perkembangan tingkat kematian semakin berkurang, pada waktu yang sama tingkat kelahitran tidak mengalami perubahan, dengan adanya sifat perubahan tingkat kelahiran dan tingkat kematian yang ada, menyebabkan tingkat pertambahan penduduk di Negara berkembang menjadi semakin cepat. Hal tersebut menimbulkan beberapa efek sbb :
• Jumlah tanggungan dalam keluarga semakin meningkat, menyebabkan beban setiap keluarga untuk membiayai tanggungannya semakin besar..
• Besarnya tanggungan tanpa pendapatan yang memadai membatasi kemampuan keluarga menyediakan dana untuk pendidikan anak-anak.
• Pertambahan tenaga kerja sangat cepat dan tidak diikuti oleh pertambahan kesempatan kerja yang sama. Sehingga banyak pengangguran.

4. KEGIATAN EKONOMI BERSIFAT "DUALISTIS".
Kegiatan ekonomi yang bersifat dualistis adalah suatu kegiatan ekonomi tertentu atau dalam sektor tertentu yang menggunakan dua teknologi yang sangat berbeda Kegiatan ekonomi yang bersifat dualitistis berlangsung dalam hampir semua sektor kegiatan ekonomi, yaitu disektor primer, manufaktur, dan jasa. Contoh , dalam sektor industri, yaitu misalnya dalam industri membuat pakaian. Industri garmen untuk ekspor menggunakan cara memproduksi secara massal, sedangkan penjahit di kampung menghasilkan pakaian berdasarkan pesanan.. Hal tersebut memunculkan dualisme sosial di Negara berkembang. Sistem sosial yang pertama relatif modern yang berkembang sebagai akibat penjajahan dan interaksi dalam perdagangan luar negeri. Penetrasi system sosial ini menyebabkan masyarakat berpikir seperti yang terdapat dalam suatu perekonomian modern (seperti dalam perekonomian Negara maju). Akan tetapi di sebagian masyarakat lainnya, system sosialnya tidak mengalami perubahan yang nyata dan pada dasarnya masih bersifat tradisional dan mengikuti tata cara yang diwariskan secara turun temurun.
5. KEGIATAN EKONOMI BERPUSAT DI SEKTOR PERTANIAN
Lebih setengah abad belakangan ini, dibeberapa negara berkembang telah terjadi perubahan kegiatan ekonomi yang drastis. Malaysia misalnya, ketika mencapai kemerdekaan di than 1957, kegiatan ekonomi masih bertumpu pada sector pertanian. Artinya, sebagian tenaga kerja berada di sektor tersebut, dengan begitu bagian terbesar dari pendapatan nasional berasal dari kegiatan pertanian dan hasil pertanian merupakan produk ekspor yang utama. Pada saat ini keadaan telah berubah, baik ditinjau dari segi menyediakan kesempatan kerja, mewujudkan pendapatan nasional dan sumber pendapatan ekspor, peranan pertanian telah semakin merosot, sedangkan peranan sector industri dan jasa menjadi sangat penting.

6. BAHAN MENTAH MERUPAKAN BAHAN EKSPOR UTAMA
Di banyak negara berkembang kecenderungan ini masih tetap ada. Ciri umum dari ekspor hasil sektor primer tersebut adalah: beberapa jenis bahan mentah merupakan bagian terbesar dari keseluruhan ekspor. Sebagai contoh, timah dan minyak bumi merupakan ekspor terbesar dari Bolivia dan meliputi lebih kurang dua pertiga dari keseluruhan ekspor. Negara-negara di Timur Tengah sebagian besar ekspornya terdiri dari minyak bumi. Dan usaha untuk mengembangkan ekonominya , berbagai negara berkembang berusaha meningkatkan kemakmuran masyarakatnya melalui penbangunan sector industri.

6 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  2. maaf mau tanya ini referensi nya dari buku apa ya karangan siapa dan hlm berapa.?
    Terimakasih, kalau bisa tolong dijawab secepatnya.

    BalasHapus